Kamu bisa cari informasi tentang beasiswa dengan menggunakan fasilitas search engine di bawah ini dengan memasukkan kata kunci "scholarship" atau "beasiswa". Silakan kunjungi situs yang tersedia.
Custom Search

Wednesday, June 4, 2008

American Football bikin badan jadi tambah pendek??

Sebagai gambaran, American Football ini seperti sepakbola, hanya saja yang membedakan adalah bentuk bola yang lonjong dan lancip di kedua sisinya, serta para pemainnya yang menggunakan alat pelindung dari benturan di seluruh tubuhnya. Memang betul, American Foolball termasuk olahraga keras yang sarat akan benturan. Dalam olahraga ini skor didapat dengan cara mengoper bola kepada teman satu tim yang lain. Untuk menghalangi lawan yang sedang membawa atau mengejar bola, biasanya seorang pemain menabrakkan tubuhnya ke lawan hingga lawan tersebut terjatuh.


Dimana letak pengaruh olahraga ini terhadap tinggi badan?

Dari wacana yang saya kutip dari detik.com, Dr. Brian Campbell telah melakukan penelititan di 10 sekolah menengah atas yang memiliki prestasi di bidang American Football. Hasil penelitian ini sangat mengejutkan,
seorang pemain yang tinggi badan mula-mula adalah 176,5 cm sebelum permainan dimulai, menjadi 175,81.
Dapat dilihat bahwa tinggi badan pemain tersebut menyusut. Hal ini sangat dimungkinkan akibat selama permainan berlangsung, pemain tersebut harus membawa beban yang cukup berat dari pelindung tubuhnya. (Kalau dilihat di film-film Hollywood itu kan bisa kelihatan, gede banget ‘kan?? Hehe.) Tidak hanya itu, benturan-benturan antar pemain yang cukup sering terjadi diperkirakan juga mempengaruhi “pemendekan” tinggi badan ini.


Wah,, apa mungkin di Indonesia olahraga itu belum populer gara-gara orang Indonesia yang termasuk pendek (dibanding orang di belahan dunia lain) takut jadi tambah pendek lagi ya?? Hehe.


Meskipun begitu Dr. Brian punya tips untuk mengurangi efek negatif dari olahraga ini. Dia menyarankan agar para pemain diberi kesempatan meluruskan kakinya sejenak di sela-sela waktu istirahat.

No comments: